Translate

Minggu, 18 November 2012

Cara membuat jamu/obat kuat ayam aduan

ramuan ayam
kalau yang ditanya suplemen berupa jamu tradisional, saya punya resep yang dikombinasi dari beberapa postingan senior-senior.
bahan dasar jamu pada umumnya adalah kunyit, jahe, kencur, dan beberapa daun-daunan herbal. ini juga merupakan bahan dasar dari pembuatan baje leyya/pesse (wajik), jamu tradisonal suku Bugis untuk kuda pacu yang juga dipakai untuk ayam aduan, tentu dengan porsi yang lebih sedikit. sebelum membuat jamu lebih bijak jika kita mengenali dan memahami lebih dahulu fungsi dan manfaat bahan-bahan tersebut maupun komposisi idealnya (buatlah sedikit demi sedikit untuk mengetahui takaran yang tepat).
untuk suplemen harian saya biasa membuat baje leyya/pesse (wajik).

adapun bahan, komposisi dan cara pembuatannya adalah:
- jahe (putih/merah) 1 kg
- kunyit mentah 1/2 kg
- gula merah 1 kg
- kopi bubuk asli 1/2 kg
- daun-daunan herbal (yang bermanfaat untuk kesehatan dan pemulihan stamina)
- dll, silakan tambahkan sendiri bahan-bahan yang anda anggap cocok untuk meningkatkan pernafasan dan stamina serta untuk memulihkan stamina. PERHATIKAN KONTRADIKSI antar-bahan!

cara pembuatan
- bersihkan jahe dan kunyit lalu haluskan, bisa diblender atau diparut
- campur bahan yang telah dihaluskan tadi menjadi satu, termasuk kopi
- rebus air dan encerkan gula merahnya. setelah gula merahnya encer masukkan dan campurkan semua adonan dan aduk hingga rata. aduk sampai mengental seperti dodol
- angkat dan dinginkan
- buat adonan yang telah dingin tadi menjadi bulatan-bulatan kecil seukuran tahi kambing/biji jagung
- selesai

cara pemberian
berikan satu butir sehari (1×1). pemberian jamu dengan ukuran dan takaran seperti yang disarankan di atas aman dikonsumsi setiap hari, baik untuk anak ayam maupun ayam rawatan, juga botohnya Laughing Laughing Laughing tidak mengakibatkan percepatan ngurak/mabung, bahkan cenderung mengilapkan bulu kusam. hingga saat ini saya belum melihat kelainan pada ayam saya yang disebabkan oleh pemberian jamu ini.

NB:kalau mengacu pada manuskrip kuno yang tertuang dalam lontara, jamu ini terdiri dari 40 bahan mentah (rempah) sehingga dikenal sebagai baje/wajik rempah 40. cocok juga untuk membangkitkan kejantan pria. Laughing Laughing Laughing disarankan, sebelum memraktekkan pada ayam, uji jamu ini kepada diri anda. hahaha

semoga bermanfaat dan selamat mencoba
sumber:http://www.jual-ayambangkok.com/cara-membuat-jamuobat-kuat-ayam-aduan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar